Kisah Ramadhan di Jerman

Memang tidak mudah menjalankan ibadah puasa di negara dimana penduduknya adalah non muslim. Ditambah lagi dengan ekstrimnya cuaca di negara tersebut. Ini adalah kali keduanya saya merasakan beribadah puasa di Eropa, dan memiliki pengalaman tidak membuat ramadhan kedua kalinya lebih mudah dari sebelumnya.

Saya beruntung (memilih menggunakan kata beruntung daripada tidak beruntung) karena kedua ramadhan yang saya jalankan jatuh pada musim panas di eropa, dimana waktu siang begitu panjang dan waktu malam begitu singkat.

Saya memulai puasa jam 4 pagi dan berbuka jam 9 mendekati jam 10 malam, suatu rentang waktu yang panjang untuk mengoptimalkan ibadah di bulan suci. Kabarnya waktu puasa akan semakin panjang sampai mencapai puncaknya di tahun 2015, … hmmm … excited yet a bit thrathened by it :D

Waktu yang panjang memang memberikan tantangan tersendiri untuk masyarakat muslim yang menjalankan puasa. Namun subhanallah, berada di negara yang jauh dari berbagai fasilitas yang memudahkan puasa itu sendiri, Allah berikan barokah berupa saudara-saudara muslim lain dari negara Bangladesh, Maroko, Turki selain dari orang Jerman yang muslim yang begitu istiqomah dan ber-ghirah tinggi memuliakan ramadhan.

Mulai dari banyaknya mesjid yang menyediakan makanan buka puasa yang sangat mewah dan berlimpah, pengadaan solat teraweh dengan melantunkan ayat-ayat suci al quran minimal 1 juz tiap harinya. Tidak saja itu keistimewaan dari ghirah mereka, mereka bahkan menjalankan sunnah menggunakan pakaian terbaik mereka ketika akan ke mesjid menjalankan sholat wajib ataupun teraweh, padahal berpakaian muslim di jerman bisa dibilang tidak lazim dan juga jarak perjalanan yang jauh ditengah dinginnya malam di negara eropa membuat perjalanan semakin menantang.

Untuk masyarakat muslim indonesia sendiri, mereka memiliki organisasi yang menaungi dan membantu masyarakat muslim indonesia menjalankan ibadah puasa dan teraweh. Suasana kekeluargaan dan makanan khas indonesia menjadi salah satu berkah dari acara buka puasa bersama yang diadakan minimal 1 minggu sekali oleh organisasi ini.

Speak Your Mind

*